Beranda » Artikel » Keramik Dinding Kamar Mandi, Tips Memilih

Keramik Dinding Kamar Mandi, Tips Memilih

T Diposting oleh pada 6 February 2019
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 24 kali

Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat akan kami bahas pada artikel kali ini. Kamar mandi merupakan bagian rumah yang seringkali tidak mendapatkan perhatian khusus ketika pemilik rumah mendesain sebuah rumah.

Padahal, kamar mandi juga membutuhkan desain interior yang sama pentingnya dengan desain interior bagian rumah yang lain.

Tidak hanya sekedar dibuat menjadi sebuah ruangan kubik yang terdiri dari toilet, bak mandi, shower, dan rak-rak untuk meletakkan alat mandi serta gantungan untuk handuk dan baju.

Salah satu aspek penting dalam hal mendesain interior kamar mandi adalah dengan memasang keramik dindingnya. Sebelum masuk ke bagian cara memilih keramik yang pas untuk kamar mandi ada baiknya Anda tahu fungsi keramik untuk dinding di kamar mandi:

1. Keramik penting untuk dipasang pada bagian dinding kamar mandi yang basah, misalnya pada area mandi, agar dinding tidak menyerap air dan menjadikannya lembab sehingga mudah berjamur

2. Rembesan air pada dinding yang tidak di keramik juga akan bisa memengaruhi ruangan di sebelahnya.

3. Tidak hanya jamur, rembesan air pada kamar mandi juga bisa merusak konstruksi tembok dan mengurangi kekuatannya.

4. Ketika memasang keramik dinding kamar mandi, jangan lupa untuk membuat sela di antara keramik menjadi anti air karena air masih bisa merembes ke dinding melalui sela tersebut.

Cara Memilih Dan Memasang Keramik

 

Memilih dan memasang keramik dinding kamar mandi secara tepat, tentunya membuat penampilan dinding kamar mandi akan terasa lebih indah, dan pastinya nyaman untuk digunakan.

Namun memilih serta memasang dinding kamar mandi tidak semudah yang dikira, salah memilih ukuran serta desain yang tidak sesuai dengan dinding kamar mandi, akan membuat penampilan dinding kamar mandi jadi kurang pas.

Selain itu, pemilihan warna yang pas dan sesuai dengan karakter dinding kamar mandi rumah, Anda, akan membuat penampilan kamar mandi semakin menyenangkan.

Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat:

Memilih ukuran keramik dinding kamar mandi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenal aneka ukuran keramik untuk dinding kamar mandi tersebut. Ukuran keramik dinding kamar mandi ini beragam, antara lain ;

  • 20 x 20, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 25 pcs.
  • 20 x 25, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 20 pcs.
  • 30 x 30, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 11 pcs.
  • 40 x 40, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 6 pcs.
  • 25 x 25, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 16 pcs.
  • 25 x 40, biasanya dalam 1 dus isinya sekitar 12 pcs.

Dengan mengenal aneka ukuran serta jumlah isi dalam 1 dus, Anda akan lebih mudah menentukan serta menghitung berapa jumlah keramik yang dibutuhkan, untuk dinding kamar mandi tersebut.

Mana yang lebih tepat untuk kamar mandi Anda, keramik yang ukurannya lebih kecil atau yang lebih besar? Kamar mandi yang ukurannya kecil belum tentu harus dipasangkan keramik dinding dengan ukuran yang kecil-kecil juga.

Tergantung dengan preferensi Anda dan juga kondisi kamar mandinya. Misalnya untuk dinding yang kebetulan konstruksinya tidak rata, dipasangkan keramik dinding kamar mandi dengan ukuran yang besar kurang tepat karena akan membuat struktur yang tidak rata tersebut jadi lebih menonjol.

Memilih keramik dengan ukuran yang tidak persegi juga sedang jadi tren saat ini. Dinding dengan keramik yang memiliki panjang dan lebar dengan ukuran yang berbeda akan terlihat lebih stylish dengan teknik instalasi yang selang seling seperti memasang batu bata pada dinding.

Untuk memberikan kesan ruangan kamar mandi yang lebih lebar Anda bisa memasang keramik dinding kamar mandi secara horizontal, atau bagian sisi yang lebih panjang dipasang mendatar.

Sedangkan pemasangan keramik secara vertikal dengan bagian sisi yang lebih panjang dipasang berdiri, akan membuat ruangan kamar mandi terlihat lebih tinggi. Atau bisa juga dikombinasikan vertikal dengan horizontal untuk motif dinding yang lebih unik.

Mana yang tampilannya lebih pas untuk kamar mandi Anda bisa dikonsultasikan dengan penyedia jasa instalasi dinding kamar mandi yang Anda gunakan.

Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat

Menentukan Tinggi Keramik Dinding Kamar Mandi yang Ideal

Hal berikutnya adalah memperhatikan tinggi keramik dinding kamar mandi yang ideal. Seperti diketahui bersama, dinding kamar mandi sangat rentan terkena cipratan air.

Keramik dinding kamar mandi sengaja dipasang untuk menghalangi cipratan air rembes ke dinding dan masuk ke ruangan lainnya.

Ada beberapa rumah yang menghalangi seluruh dinding kamar mandinya dengan menggunakan keramik, namun ada juga yang tidak. Bagi Anda yang tidak ingin menghalangi seluruh dinding kamar mandi dengan keramik, maka tinggi ideal keramik yang sebaiknya Anda pasang di dinding kamar mandi rumah sekitar 1,50 hingga 2 meter dari lantai. Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat.

Hal ini tentunya telah disesuaikan dengan tinggi tubuh si pemakai, serta cipratan air yang tercipta.

Terdapat beberapa macam jenis ketinggian keramik dinding kamar mandi yang bisa Anda pilih untuk mendekorasi dinding kamar mandi sesuai dengan tampilan kamar mandi yang diinginkan. Beberapa macam model ketinggian dinding keramik untuk kamar mandi antara lain adalah:

1. The baseboard. Jika Anda tidak ingin memasang keramik untuk dinding kamar mandi karena beberapa macam alasan tertentu, Anda bisa memasang keramik model baseboard yang merupakan pemasangan keramik hanya pada bagian bawah dinding saja.

Fungsinya adalah untuk melindungi dinding dari air pada level bawah misalnya jika ada genangan air, cipratan air dari kamar mandi basah yang tidak tertutup oleh tirai shower, dan sebagainya.

2. The wainscot. Model keramik dinding kamar mandi ini memiliki ketinggian yang umumnya setinggi setengah badan manusia dewasa. Selain memiliki fungsi untuk melindungi dinding dari kelembaban, ia juga bisa memberikan tekstur yang berbeda pada dinding kamar mandi.

Karena tidak memenuhi dinding, Anda bisa memilih keramik dengan motif yang lebih penuh atau bertekstur tanpa membuat kamar mandi terasa lebih sempit.

Floor to ceiling. Jika Anda punya budget yang lebih, kenapa tidak menutup seluruh dinding kamar mandi dengan keramik dari atas sampai bawah?

Memasang keramik dengan motif granit bisa memberikan kesan kamar mandi seperti ruangan spa yang lebih elegan dan terlihat lebih mewah. Pemasangan keramik yang disegel dengan anti air juga akan memberikan perlindungan penuh pada dinding.

 

Memilih Motif Keramik Dinding Kamar Mandi

Setelah mengenal aneka ukuran serta tinggi keramik ideal untuk dinding kamar mandi, maka hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah memilih motif keramik yang pas.

Contoh motif keramik dinding kamar mandi ini sangat banyak, ada yang polos, dan hanya mengandalkan aneka warna, ada juga yang menggunakan motif tertentu. Motif yang dimaksud adalah motif, horizontal, motif vertical, motif polkadot, dan motif lainnya. Pilih yang sesuai dan pas untuk dinding kamar mandi rumah anda.

Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan adalah untuk memilih motif keramik yang paling pas untuk dinding kamar mandi antara lain adalah:

1 Pilih motif yang paling Anda suka

Jika Anda sudah memiliki keinginan untuk memasukkan keramik dengan motif tertentu ke dalam kamar mandi, dapatkan terlebih dahulu keramik tersebut baru kemudian Anda bisa mencari keramik dengan motif yang bisa membuat desain interior kamar mandi terlihat lebih selaras. Misalnya jika Anda ingin kamar mandi memiliki motif bunga, Anda bisa mengelilinginya dengan keramik-keramik polos dan warna yang netral atau senada dengan keramik bunga sehingga nantinya motif tersebut akan tampak lebih menonjol dan menjadi focal point dari kamar mandi cantik Anda.

2 Tidak lebih dari 3 jenis macam motif

Kebanyakan kamar mandi hanya didesain dengan menggunakan satu motif keramik saja untuk sehingga interior kamar mandi bisa terkesan lebih membosankan, kecuali jika ada elemen lain di kamar mandi Anda yang memiliki desain lebih detail. Misalnya meja kamar mandi, cermin, wastafel, atau tirai shower dengan motif yang sudah lebih ramai. Tetapi jika Anda ingin menjadikan keramik dinding kamar mandi sebagai focal point, ada baiknya untuk bermain dengan beberapa macam motif atau pola pemasangan keramik yang berbeda namun tidak perlu terlalu banyak variasinya, cukup maksimal tiga macam saja.

Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat

 

3. Netral, tapi tetap stylish

Jika Anda Tidak ingin keramik dinding kamar mandi terlalu ribet dan banyak warna, Anda bisa memilih warna yang netral untuk memberikan kesan yang lebih simpel namun  juga tidak lekang oleh waktu.

Agar tetap terlihat stylish, Anda bisa bermain dengan pola instalasi keramiknya misalnya disusun dengan cara mozaik, selang seling, atau dengan memberikan aksen keramik berpola pada salah satu bagian dinding untuk memberikan focal point yang tidak terlalu sulit cara memasangnya.

Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat

Memilih Warna dinding kamar mandi

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah memilih warna dinding kamar mandi yang tepat.

Ada sedikit tips untuk memilih warna dinding kamar mandi yang sebaiknya Anda gunakan, yaitu dengan memperhatikan warna keramik yang dipilih. Imbangi warna dinding dengan warna keramik yang akan digunakan.

Sedangkan jika Anda ingin melapisi seluruh dinding dengan keramik, sebaiknya perhatikan dengan baik, sistem pencahayaan dari kamar mandi tersebut.

Memilih warna dinding yang cerah diimbangi dengan sistem pencahayaan yang baik, membuat ruang kamar mandi terasa semakin cerah.

Memilih warna kelabu untuk keramik pada dinding kamar mandi memang tidak masalah, namun imbangi dengan sistem pencahayaan yang baik, agar kamar mandi tidak terasa kusam.

Warna keramik pada dinding kamar mandi bisa menentukan keseluruhan mood pada ruangan tersebut. Misalnya jika rumah Anda bergaya modern minimalis, Anda bisa meneruskan konsep ini hingga ke kamar mandi dengan memilih keramik yang tidak terlalu banyak motif dan memiliki warna yang netral atau warna metal.

Sebaliknya jika rumah menggunakan konsep yang lebih klasik dan bergaya mewah elegan, Anda bisa memberikan kesan yang mewah juga pada kamar mandi dengan menempatkan pencahayaan warna kuning hangat, dan dinding keramik dengan aksen motif yang lebih mendetail.

Selain keramik dinding kamar mandi yang umumnya memiliki finish glossy, Anda juga bisa memilih penutup dinding kamar mandi dengan tekstur matte dan memberikan kesan yang lebih natural pada kamar mandi.

Misalnya menggunakan batu alam maupun kompon batu alam yang dicampur dengan bahan material lain sehingga harganya lebih murah.

 

Nah begitulah Cara Memilih Dan Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi Yang Tepat.

Ikuti artikel menarik lainnya di halaman utama RHdesainstudio.

Belum ada Komentar untuk Keramik Dinding Kamar Mandi, Tips Memilih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Keramik Dinding Kamar Mandi, Tips Memilih

persiapan membangun rumah

Persiapan Membangun Rumah, Hal yang Perlu Dipikirkan Sebelum Membangun

T 27 January 2019 F , A RH Desain Studio

Artikel ini akan membahas seputar persiapan membangun rumah.

cara membuat sirkulasi udara rumah yang baik

Cara Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

T 30 September 2018 F A RH Desain Studio

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat sirkulasi udara rumah yang baik.

harga borongan plester dinding

Harga Borongan Plester Dinding, untuk Rumah Tinggal

T 28 October 2018 F , , A RH Desain Studio

Artikel ini akan membahas harga borongan plester dinding untuk kasus rumah tinggal satu sampai dua lantai.

+ SIDEBAR

Kontak kami
(sebaiknya chat lewat whatsapp)
WA 0878 2400 9400

Like Facebook Kami



RH Desain Studio

Jasa desain rumah online murah berkualitas.

Jasa gambar rumah / IMB.

Jasa desain perumahan, brosur, dan animasi.

Kontak

Rezky H

RH Desain Studio

Whatsapp 0878 2400 9400

email: rhdesainstudio@gmail.com

Alamat

1 Jalan Padepokan Ganesa II no C33, Gayamsari Semarang

2 (Studio) Kelurahan Pongangan RT1. RW.1 Gunungpati Semarang